Tuesday, February 19, 2008

Married Problemo


Buat siapa aja yang sudah menikah, mungkin pernah ngerasain betapa kompleksnya masalah yang timbul dalam sebuah perkawinan. Ga ada yang aneh sih sebenernya, rata-rata masalahnya biasa aja dan sering kita denger. Tapi tau ga sih, ternyata akan beda lo kalo kita ngerasain itu sendiri.
Gue jadi inget kalo dulu gue sering bayangin masalah-masalah perkawianan itu apa aja dan gimana gue bakal ngatasin itu. Sebenernya sih bukan Cuma masalah perkawinan, juga masalah pacaran dan persahabatan. Secara gue tuh hobi banget jadi psikolog orang. Hobi terlibat masalah orang lain sih sebenernya. Dan anehnya juga banyak orang yang percaya aja nge-share masalah pribadinya ama gue dan percaya ama nasehat2 gue. Hi…hi…..
Dulu, temen gue ngalamin apa yang namanya broken home. Bokapnya punya WIL (wanita idaman lain). Parahnya lagi bokapnya ga punya pendirian, ga bisa memutuskan ketika dipaksa memilih WIL-nya or istri dan anak2nya. Sumpah deh saat itu bener2 bikin gue geram abiezzz. Kok ada sih cwok lemah kayak gtu….Dan hebatnya lagi, ga ada tuh anak-2 broken home dari perkawinan yang menurut gue ga layak dipertahankan lagi. Meski babak belur, temen gue dan adik2nya tetap menjalani kehidupan dengan iman.
Pas semester akhir kuliah gue, temen baik gue yang lain yang udah mengorbankan kuliah dan masa depannya demi cinta yang berujung sama perkawinan, harus menghadapi perceraian. Emang sih keputusannya sepihak. Temen gue menuntut cerai dari suaminya karena menurut temen gue itu, suminya tidak bertanggung jawab secara ekonomis. Karena sepanjang karir rumah tangga, cuma temen gue aja yang berinisitaif mencari nafkah secara temen gue itu wanita ya.
Menjelang perkawinan gue, satu lagi temen baik calon suami gue, menghadapi kisruh rumah tangga. Kali ini masalahnya bukan materi atau kesetiaan, tetapi konflik karakter. Yang bikin gue bingung, mereka berdua itu udah pacaran selama 10 tahun. Harusnya kan udah saling mengenal betul karakter masing2. Kok bisa ya, satu sama lain merasa saling kaget dan tiba-tiba jadi ga tahan menghadapi karakter pasangannya? (10 tahun itu ngapain aja ya……).
Passutri alias pasangan suami istri yang terkahir gue ceritain ini, sampai hari ini punya masalah yang akhirnya semakin kompleks. Di dua bulan pertama pernikahan, mereka udah mau cerai….(gubrakkkkk). Sebeneranya sih gue ga begitu kaget secara seminggu lagi mo nikah, mereka sempet mau batalin pernikahan. Dan nyanyian cerai itu sampai sekarang (3 tahun lebih sudah mereka menikah) masih terus mewarnai pernikahan. Ngeri ga sih…….Kalo kata nyokap gue, “Jangan pernah ngomong cerai ndok…..nanti kalo ga cerai beneran, kamu bisa cerai rezeki lo….” (jawa banget ya…)
Gue sendiri, sekarang juga sudah mau menginjak tahun ketiga pernikahan. Jangan sangka ya gue ga pernah berantem. Bo…..sering banget. Cuma…..aja sehebat apapun pertengkaran kami, bisa langsung baek dalam hitungan menit. Ga tau juga apa penyebabnya, padahal dulu waktu pacaran, kalo udah berantem bisa diem2an minimal seharian penuh alias 24 jam non stop.
Gue sendiri ngerasa, yang jadi bahan pertengkaran kita sih bukan asli permasalahan dari diri kita, apakah sifat, karakter, atau kebiasaan. Tapi lebih ke adanya pemicu dari luar. Perbedaan budaya (jawa dan betawi) itu memadukannya bener2 susah bo. Tau sendiri kan, betawi itu kan lebih open, ngomongnya ceplas ceplos tapi emang ga mudah tersinggung. Orang jawa?????berbalik 360 derajat. Diem….menganalisa, lalu menilai dari dalam hati….kalo ga ada orangnya baru diomongin…Boleh sih dibilang munafik….tapi itu bentuk kesopan santunan kita. Sementara orang betawi yang menurut mereka lebih baik ngomong didepan, ga munafik, jujur, adalah bentuk ketidaksopanan buat kami (orang jawa). Bingung ga loh….Itu terjadi di keluarga gue dan dia. Untungnya, gue udah sedikit bisa mengadaptasi dan menyesuaikan diri dengan itu semua itu. Suami sih masih agak angkuh. Dia merasa, “ ini kan kampung gue, ya elu donk yang mesti menyesuaikan diri, ibaratnya masuk kandang kuda meringkik, masuk kadang kambing mengembik. (Bo….orang jawa tuh sekarang bertebaran dimana-mana, komunitasnya malah bisa menggusur minggir orang betawi. Belum lagi presiden dan mantan gubernur kita pernah orang jawa, artinya jakarta tuh pernah dikuasain orang jawa gitu lo…sory yah…..)
Intinya, perkawinan itu kan bukan hanya perkawinan dua orang ya…tapi lebih luas, bisa jadi perkawinan keluarga inti (ayah ibu adik kakak), dua keluarga besar, perkawinan dua budaya, dua karakter dan sebaginya dan sebagainya. Jadi meskipun Cuma sebuah perkawinan, kita juga perlu terus belajar menyesuaikan diri, terus melakukan adaptasi, dan terus mempelajari permaslahan-permasalahn dalam perkawinan. Tulll ga????Dan buat elo2 yang belum kawin, ngerasain sendiri tuh lebih puyengggg lo benerrrrrrrrrrrrrrrr.

1 comment:

Anonymous said...

duh panjang abizzz ceritanya. tp ya itulah tantangan pernikahan. selamat berpetualang...dan menaklukkan hidup !