Saturday, November 8, 2008

Tidak Ada Keputusan Yang Salah, Keputusan Selalu Benar

Dapet ilmu baru neh…ingin berbagi sama para blogger deh…..

Namanya orang berumah tangga, kayaknya hal yang wajar ya kalo gw ma suami suka bertengkar, karena beda prinsip, beda pemikiran, beda kebiasaan dan banyak beda lainnya. Tanpa bermaksud menyesali apa yg sudah terjadi, jujur, terkadang gw sering bertanya dalam hati. (khususnya kalo abis berantem gtuu, and tiba2 tuh suami gw jd org yg paling nyebelin di dunia, walaupun lima menit kemudian jadi cinta mati lagi…he…he…).


Pertanyaan yg muncul disaat-saat itu adalah, apakah dia (suami) beneran jodoh gw, apakah gw bener memilih suami, or apakah gw membuat keputusan yang benar saat gw memutuskan untuk menikah.

Dan melalui seorang coaching dari NLP, Mr. Nikolay saya mendapatkan jawabannya. Menurut beliau, tidak ada keputusan yang salah. Semua keputusan adalah benar pada saat itu . Karena keputusan yang diambil adalah berdasarkan kondisi pada saat itu.

Lalu bagaimana dengan sekarang (setelah 3 tahun menikah)? Tentu keputusan itu menjadi tidak yang terbaik atau keputusan yang benar pada saat ini. Mengapa? Karena tolok ukurnya sudah beda. Jika menilai benar/tidak keputusan yang kita buat pada saat itu diukur dengan variable saat ini, tentu menjadi sudah tidak relevan lagi.

Kenapa? Karena orang berubah, kondisi juga berubah, diri kita sendiri pun berubah.
Lalu bagaimana jika kita kemudian baru menyadari saat ini bahwa keputusan itu menjadi bukan yang terbaik?
Saya lalu menjawab, Bisa saja kita memutuskan untuk divorce, lalu menikah kembali dengan orang yang menurut kita tepat dan terbaik atau paling tidak lebih baik dari pasangan kita sebelumnya. Dan itulah keputusan terbaik yang harus diambil.

“Belum tentu” tukas Mr Nikolai. Karena anda mengambil keputusan yang menurut anda itu terbaik dan benar berdasarkan kondisi pada saat ini. Apakah keputusan itu akan tetap terbaik dan benar 3 tahun mendatang, jawabannya adalah “belum tentu”. Ingat yang pertama dikatakan tadi, orang bisa berubah, kondisi juga berubah, banyak hal yang berubah atau mungkin kita bisa saja dipertemukan dengan orang yang lebih baik lagi. Lalu bagaimana? Mau cerai lagi dan menikah lagi?

Dalam hal perkawinan, membuat keputusan untuk menikah pastilah dengan pemikiran yg matang, sehingga dihasilkan keputusan yang terbaik, meski terbaik pada saat itu. Ingat juga, bahwa pernikahan itu adalah komitmen. Ketika ada onak duri yang menusuk balon perkawinan itu, pilihannya hanya dua, bercerai/berpisah atau commit. Commit disini dalam arti, kita memilih untuk mempertahankan pernikahan itu, cari tahu bagaimana caranya. Introspeksi apa yang kurang, dan apa yang perlu diperbaiki. Coba ingat2 kembali, bukankah kita juga pernah mengecap indahnya cinta dan perkawinan itu.



Tidak hanya dalam perkawinan, juga dalam hal pekerjaan. Ketika kita merasakan begitu banyak ketidakpuasan yang kita dapatkan, maka pilihannya cuma dua, keluar dan cari pekerjaan lain. Atau commit tetap bekera keras, ikuti company rules yang ada. Tidak perlu banyak omong dan protes ga jelas ttg kekecewaan anda pada peerusahaan, tetapi anda masih tetap didalamya,. Itu sama sekali tidak berguna, bahkan mempermalukan diri sendiri bukan.

Introspeksilah, mungkin saja sumber ketidakpuasan itu berasal dari diri kita sendiri tanpa kita sadari. Nikmati pekerjaan, berbuat yang terbaik. Percayalah, apa yang kita tanam maka itulah jua yang kita petik.

6 comments:

dee said...

cieee.. yg cinta mati sm suami.. hehehe.. mba gue ttp aja ga tau jodoh gue siapa.. gue setuju sm mr nikolai tapi realisasinya ga gampang juga..

avrie said...

maksudnya cinta kalo dia mati, kan dapet asuransi he..he...
ya pasti susah. mau berbuat baik tuh pasti susah dee... kita harus selalu install pikiran kita tiap hari, pasti jd ga terlalu susah...

ika said...

gw setuju!! terutama tentang kalo gi berantem, jadi kepikiran: "sebenernya dia jodoh gw bukan..." kirain gw doang yang berpikir begitu.
Trus, masalah kerjaan. makanya gw ambil keputusan 'itu'. gw ngerasa keputusan itu yg terbaik untuk saat ini. Tapi, mungkin aja 6 bulan dr skg bisa jadi keputusan yg salah. tapi.. gw yakin kok rejeki pasti ada mesti bukan dari InfoBank. Amin... (muka cemas made on)

christi said...

*Haloooo vrieeeee, aku udh jarang ngblog nih...mo jwb dulu yg soal foto nih..yg ga masang di blog or friendster krn ada org iseng yg suka ngambil foto2ku trs buat provokasi...tau' tuh tll hobi nyolong mangga kali dulu..jd skr suka nyolong di media orng lain..
*eh itu NLP apaan sih...terkait masalah menikah aku sih ga bgitu bgt ama suami..msh normal kl jengkel..yg aku blm bisa tuh nyampur ama kel. sono tuh..kayaknya blm bisa punya ortu ganda...jd ya gitu deh..msh stngah hati...

Anonymous said...

heheheheehe...tdnya gw jg suka berpikiran begitu. jodoh gw bukan sih suami? hehehehe...tapi lama2 bosen jg mikir bgitu, aplg udah nikah. trus mw ngapain?hikkksss

avrie said...

era : ternyata 4 dari lima org di blog ini pernah berpikir yg sama.....tp benner raaa....bosen jg lama2 dipikirin, diterima aja dg ikhlas...artinya harus menguasai 1 ilmu lagi neh...ilmu ikhlas...halahhh
ika : ada tambahannya tuh...jangan pernah mengambil keputusan saat kita sedang emosi or berada di zona tidak nyaman...pikirin dulu masak-masak neng....
christi : Neuro Linguistik Programing...intinya sih sama aja ama coaching2 motivasi, communication, habit, etc....lahir di AS. Pengen g ajuin buat coachingnya kary infobank...setuju ga???